Cara Membuat QR Code di Telegram

Posted on

QR Code atau Quick Response Code adalah sebuah kode matriks dua dimensi yang dapat dibaca oleh kamera smartphone. Kode ini berisi informasi seperti URL, nomor telepon, dan teks. Telegram, sebagai aplikasi pesan instan, juga mendukung pembuatan QR Code untuk memudahkan pengguna dalam berbagi kontak, grup, dan channel. Berikut adalah cara membuat QR Code di Telegram:

1. Buka Aplikasi Telegram

Pertama, buka aplikasi Telegram di smartphone Anda. Pastikan aplikasi sudah terpasang dan terbaru.

2. Buka Kontak, Grup, atau Channel

Setelah membuka aplikasi Telegram, buka kontak, grup, atau channel yang ingin Anda bagikan dengan QR Code.

3. Klik Tombol ‘More’ atau ‘Lebih’

Jika sudah membuka kontak, grup, atau channel, klik tombol ‘More’ atau ‘Lebih’ yang terletak di pojok kanan atas layar.

4. Pilih ‘QR Code’

Setelah klik tombol ‘More’ atau ‘Lebih’, akan muncul beberapa pilihan. Pilih ‘QR Code’ yang terdapat di antara pilihan tersebut.

5. Bagikan QR Code

Setelah memilih ‘QR Code’, Telegram akan otomatis membuat QR Code untuk kontak, grup, atau channel yang Anda buka. Bagikan QR Code tersebut dengan cara menyimpan gambar atau membagikannya langsung melalui aplikasi lain.

6. Scan QR Code

Jika Anda ingin bergabung dengan grup atau channel melalui QR Code, cukup scan QR Code tersebut menggunakan kamera smartphone. Telegram akan otomatis membuka halaman grup atau channel yang bersangkutan.

7. Menggunakan QR Code untuk Login

Selain bergabung dengan grup atau channel, QR Code juga dapat digunakan untuk login akun Telegram. Pilih ‘Login with QR Code’ pada halaman login dan scan QR Code yang muncul pada aplikasi Telegram di komputer Anda.

8. Kesimpulan

Dengan memanfaatkan fitur QR Code di Telegram, pengguna dapat memudahkan proses berbagi kontak, grup, dan channel. Selain itu, QR Code juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk login akun Telegram di komputer. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Artikel Serupa:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *